Batas antara Perumahan dan Perkampungan

                                                 Batas antara Perumahan dan Perkampungan

    Perumahan adalah sekelompok rumah atau bangunan lainnya yang dibangun bersamaan sebagai sebuah pengembangan tunggal. sedangkan pekampungan adalah kelompok rumah yang merupakan kampung. Sebenarnya kedua hal itu merupakan hal yang sama hanya saja setiap orang memiliki paradigma yang berbeda dengan keduanya.

    Daerah lingkungan tempat tinggal saya adalah perumahan walaupun begitu sebelum perumahan itu dibuat daerah tersebut adalah pekampungan sehingga saya tinggal diperumahan yang dikelilingi perkampungan. Saat saya ingin pergi ke pusat kota saya merasakan perbedaan dimana orang orang diperumahan lebih tertutup dan menjaga privasi sedangkan perkampungan lebih terasa kebersamaannya. Namun terasa seperti ada batas antara kedua lingkungan itu padahal kita tinggal di daerah yang sama. 

    Sebenarnya saya melihat potensi bahwa lingkungan tempat tinggal saya dapat mencontoh kebersamaan dari perkampungan sekitar selain itu saya juga ingin menghilangkan stigma di orang orang perumahan saya yang sering menganggap orang di perkampungan itu tidak baik atau lebih rendah karena biasanya pencurian di perumahan saya dilakukan oleh  orang dari luar perumahan sehingga orang di perkampungan sering dikambing hitamkan.

    Posisi saya sendiri adalah bagian dari masyarakat,bagian keluarga saya,dan mahasiswa sehingga dimasyarakat dan keluarga saya bisa mengambil peran sebagai orang yang dapat diajak diskusi dari permasalahan dalam hal stigma tersebut. Saya juga mungkin dapat memberikan saran yaitu dengan tidak menyalahkan siapapun atas suatu kasus pencurian tersebut. tetapi alangkah baiknya jika kita membuat sistem ronda atau mungkin penambahan keamanan selain cctv didaerah rawan karena walaupun ada satpam tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut dapat terjadi lagi.Selain itu sistem ronda juga salah satu hal yang dapat dicontoh dari masyarakat perkampungan yang akhirnya meningkatkan rasa kebersamaan. 

#PoPoPeMahasiswa 

#KATITB2021


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My goal

Formal Invitation

Example: Letter of recommendation